SEKILAS INFO

     » Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1437 H      » Jl. Mastrip No. 23 Madiun. Telp. / Fax : 0351 - 462927      » Kami Memberikan Pelayanan dengan Sepenuh Hati      » Selamat Datang di Website Dinas Peternakan Dan Perikanan
Kamis, 28 Mei 2015 - 05:00:05 WIB
Peran Dinas Peternakan dan Perikanan dalam Kegiatan Bakti Sosial Terpadu (BST)

Diposting oleh : drh. Syaiful Ratmus
Kategori: Bidang Agribisnis - Dibaca: 619 kali

BST (Bakti Sosial Terpadu) merupakan program Pemerintah Kabupaten Madiun dimana dalam satu hari seluruh kegiatan pelayanan kepada masyarakat berpusat pada satu desa tertentu. Kegiatan BST ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Madiun dengan memberikan bantuan di berbagai bidang, antara lain pertanian, peternakan, perikanan, pangan, pengairan, dan fasilitas umum lainnya. Pada kegiatan BST ini pelayanan di pusatkan di satu desa dalam satu hari antara lain pasar murah, pelayanan kesehatan, pelayanan kesehatan ternak, posyandu, pelayanan SIM, perbaikan jalan (pengaspalan), dan lain sebagainya. Semua pelayanan diatas diberikan oleh SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Madiun secara gratis.

Peranan Dinas Peternakan dan Perikanan pada kegiatan BST adalah memberikan bantuan berupa susu, telur, dan bibit ikan yang nantinya diharapkan dapat dikembangbiakan kembali oleh masyarakat. Susu dan telur bantuan dari Dinas Peternakan dan Perikanan digunakan untuk tambahan gizi berupa protein hewani bagi balita di desa pilihan BST. Jumlah bantuan telur dan susu disesuaikan dengan jumlah balita di desa tersebut yaitu sekitar 150-170 balita/desa. Selain untuk balita, pada saat BST Dinas Peternakan dan Perikanan juga memberi bantuan sebanyak ±600 cup susu untuk peserta kegiatan perbaikan jalan (pengaspalan). Bantuan lainnya yaitu berupa bibit ikan nila yang jumlahnya ±5000 ekor disesuaikan dengan permintaan masyarakat yang diajukan melalui proposal secara kelompok.

Pada BST tahun 2014, Dinas Peternakan dan Perikanan juga memberi bantuan berupa ternak kambing. Namun untuk tahun ini ditiadakan karena evaluasi dari BST tahun 2014 dan menyesuaikan dengan anggaran Pemerintah Kabupaten Madiun. Di Tahun 2015 ini Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Madiun akan ikut berpartisipasi dalam kegiatan BST di 15 desa di 15 kecamatan di Kabupaten Madiun. Desa-desa tersebut antara lain Desa Bibrik Kecamatan Jiwan, Desa Dagangan Kecamatan Dagangan, Desa Sambirejo Kecamatan Geger, Desa Sukorejo Kecamatan Saradan, Desa Rejosari Kecamatan Kebonsari, Desa Tanjungrejo Kecamatan Madiun, Desa Bodag Kecamatan Kare, Desa Batok Kecamatan Gemarang, Desa Doho Kecamatan Dolopo, Desa Wayut Kecamatan Jiwan, Desa Mejayan Kecamatan Mejayan, Desa Banyukambang Kecamatan Wonoasri, Desa Cabean Kecamatan Sawahan, dan Desa Pilangkenceng Kecamatan Pilangkenceng. Pada Tahun 2015 ini sampai bulan Mei sudah dilaksanakan 7 kali BST di 7 desa yaitu Desa Bantengan tanggal 20-21 Januari 2015, Desa Sambirejo tanggal 10-11 Februari 2015, Desa Dagangan tanggal 24-25 Februari 2015, Desa Sukorejo tanggal 17-18 Maret 2015, Desa Rejosari tanggal 15-16 April 2015, Desa Tanjungrejo tanggal 28-29 April 2015 dan Desa Sumberbening tanggal 12-13 Mei 2015. (sumber : Bidang Agribisnis)