SEKILAS INFO

     » Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1437 H      » Jl. Mastrip No. 23 Madiun. Telp. / Fax : 0351 - 462927      » Kami Memberikan Pelayanan dengan Sepenuh Hati      » Selamat Datang di Website Dinas Peternakan Dan Perikanan
Minggu, 31 Mei 2015 - 14:55:40 WIB
Pelayanan Kesehatan Hewan di Dinas Peternakan dan Perikanan

Diposting oleh : drh. Syaiful Ratmus
Kategori: Bidang Kesehatan Hewan - Dibaca: 745 kali

Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Ternak di wilayah Kabupaten Madiun oleh Dinas Peternakan dan Perikanan dipusatkan pada dua Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan) yaitu :

  1. Puskeswan Jiwan yang meliputi 8 Kecamatan : Kec. Jiwan, Kec. Sawahan, Kec. Kare, Kec. Kebonsari, Kec. Geger, Kec. Dolopo, Kec. Wungu, dan Kec. Dagangan.
  2. Puskeswan Pilangkenceng meliputi 7 Kecamatan : Kec. Pilangkenceng, Kec. Madiun, Kec. Balerejo, Kec. Wonoasri, Kec. Mejayan, Kec. Saradan, dan Kec. Gemarang

Selain di 2 (dua) Puskeswan tersebut, pelayanan kesehatan hewan juga dilakukan di klinik Hewan yang bertempat di Kantor Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Madiun Jl. Mastrip no. 23 Madiun (depan stadion Wilis Madiun)

Kegiatan Pelayanan Kesehatan Hewan dalam rangka Pengendalian dan Pencegahan penyakit ternak di Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Madiun meliputi :

  1. BST (Bakti Sosial Terpadu) yang mana kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap 1 bulan sekali dengan mengadakan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan, pemeriksaan Reproduksi, dan Inseminasi Buatan (IB) gratis untuk ternak.
  2. Pelayanan Kesehatan Ternak Terpadu oleh Dokter Hewan yang dibantu oleh Petugas Teknis Lapangan di masing-masing wilayah.
  3. Vaksinasi pada unggas dan hewan kesayangan.
  4. Konsultasi kesehatan dan manajemen ternak.
  5. Informasi IPTEK Peternakan, Perikanan dan Kesehatan Hewan
  6. Kemitraan Investasi Peternakan
  7. Kesmavet dan Pengolahan Hasil Ternak dan Ikan
  8. Pengembangan Industri Kecil Produk Asal Hewan non Pangan.
  9. Pemeriksaan dan pemberian Surat Kesehatan Hewan.
  10. Sosialisasi Penyakit dan Penggunaan obat Ternak dan Ikan.