SEKILAS INFO

     » Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1437 H      » Jl. Mastrip No. 23 Madiun. Telp. / Fax : 0351 - 462927      » Kami Memberikan Pelayanan dengan Sepenuh Hati      » Selamat Datang di Website Dinas Peternakan Dan Perikanan
Kamis, 12 November 2015 - 10:50:55 WIB
Sosialisasi Kegiatan Pra-Sertifikasi Hak Atas Tanah (SHAT) Pembudidaya Ikan TA 2015

Diposting oleh : drh. Syaiful Ratmus
Kategori: Bidang Perikanan - Dibaca: 611 kali

Mengingat masih banyaknya lahan pembudidaya ikan di Kabupaten Madiun yang belum bersertifikat, maka Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Madiun melalui Bidang Perikanan mengadakan "Sosialisasi Kegiatan Pra-Sertifikasi Hak Atas Tanah Pembudidaya Ikan (SeHATKan)" yang bertempat di Ruang Rapat Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Madiun Jl. Mastrip 23 Madiun pada hari Rabu tanggal 11 November 2015 mulai pukul 08.30 Wib sampai selesai. Dalam kesempatan tersebut hadir narasumber dari Dinas Perikanan Provinsi Jawa Timur yaitu Ibu Ir. Miftahul Jannah dan Bapak Sarjono Prasetyo, SH, MM Kepala Seksi Pengendalian dan Pemberdayaan Kantor Pertanahan Kabupaten Madiun. Peserta undangan berasal dari kelompok tani pembudidaya ikan se-Kabupaten Madiun, PPL Perikanan dan PTL Kecamatan se-Kabupaten Madiun.

Acara sosialisasi ini bertujuan untuk penguatan legalitas atas tanah pembudidaya ikan serta untuk memudahkan akses ke perbankan dalam mencari permodalan karena adanya jaminan sertifikat tanah. Peserta yang dapat mengikuti Program SeHATKan ini menurut Kantor Pertanahan Kabupaten Madiun adalah :

  1. Masyarakat pembudidaya ikan yang mempunyai objek tanah di lokasi desa/kelurahan ditunjuk/ditetapkan dengan surat keputusan.
  2. Masyarakat sebagaimana angka 1 tersebut diatas berpenghasilan menengah ke bawah.
  3. Tanahnya belum bersertifikat.
  4. Tanah tidak sengketa.
  5. Tanah tidak absente.
  6. Bukan merupakan tanah yang belum bagi waris.
  7. Luas tanah tidak melebihi 2 Ha.

Biaya Program SeHATKan ini ditanggung pemerintah, sedangkan kegiatan pemberkasan termasuk patok dan materai ditanggung peserta/pemohon sertifikat. Jangka waktu pelaksanaan kegiatan SeHATKan adalah 1 (satu) tahun. Sedangkan Teknis pelaksanaan Kegiatan SeHATKan ini menurut penjelasan Kantor Pertanahan Kabupaten Madiun adalah sebagai berikut :

  1. Para peserta program SeHATKan wajib membentuk POKMASDARTIBNAH
  2. Para peserta Program SeHATKan wajib mengumpulkan :
  • Data yuridis yaitu : fotocopi KTP, KK dan SPPT tahun berjalan, Bukti peroleh tanah, fotocopi buku C desa/kelurahan.
  • Data fisik : Batas tanahnya jelas dan sudah dipasang patok permanen,Tidak ada tanaman yang tinggi sehingga menghalangi kegiatan pengukuran tanahnya dan bukan merupakan tanah hutan/milik perhutani.
  • Jangka waktu penyelesaian : Pengumpulan data yuridis 1 (satu) bulan terhitung sejak sosialisasi ini dan penyelesaian sertifikat di Kantor pertanahan Kabupaten Madiun 1 (satu) tahun anggaran.

                                                                                                                           (drh. Syaiful Ratmus)